Rabu, 08 April 2009

Bab I - Methodologi of Qualitative

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Balakang

Media adalah sarana informasi yang digunakan oleh suatu individu, kelompok, ataupun masyarakat untuk menyampaikan pesan, dengan tujuan agar pesan yang akan disampaikan dapat sampai dan dimengerti oleh khalayak luas. Media terdiri dari dua jenis, yaitu media elektronik dan media cetak. Media elektronik dapat berupa radio dan televisi, sedangkan media cetak berupa majalah, koran, flyer, leaflet, brochure, spanduk, dan juga billboard. Hampir sebagian masyarakat menggunakan media-media tersebut untuk mempromosikan produknya dan dengan menggunakan media-media inilah maka produknya dapat dikenal oleh masyarakat luas, khususnya dengan menggunakan media elektronik, televisi.

Opini adalah pendapat / pemikiran dari seseorang, sedangkan masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hasrat dan tujuan yang sama. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa opini masyarakat merupakan suatu pendapat / pemikiran seseorang yang kemudian dikumpulkan menjadi satu karena mempunyai hasrat dan tujuan yang sama.

Pada dasarnya, partai politik merupakan sekumpulan individu / instansi-instansi (dalam jumlah yang besar) yang membentuk suatu kelompok dimana didalamnya mempunyai visi-misi yang sama dan didasarkan atas suatu peraturan / hukum yang berlaku di dalam sebuah negara. Partai politik dibentuk berdasarkan aspirasi masyarakat. Bisa kita lihat bahwa partai politik yang satu dengan partai politik lainnya pasti mempunyai visi-misi yang berbeda, sehingga dapat menimbulkan persaingan.

Sebuah partai memiliki kekuatan untuk menyentuh perasaan masyarakat. Sebuah partai dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan suatu masyarakat. Partai yang visi dan misi nya disukai oleh masyarakat cenderung akan dipilih oleh sebagian besar penduduk. Sebuah partai yang memiliki kekuatan dan mempunyai dampak yang besar bagi kehidupan seseorang, tentu saja akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan individu tersebut.

Dengan banyak munculnya partai-partai baru di Indonesia dan menyebabkan persaingan satu sama lain, pendapat / pandangan dari masyarakat pun dapat membantu mereka dalam melakukan kampanye-kampanye karena satu suara mempunyai arti yang sangat besar. Tapi, pendapat atau pandangan dari masyarakat ada yang positif dan ada juga yang negatif. Semua itu tergantung dari sisi mana yang masyarakat menilainya. Media juga dapat memberikan suara terhadap suatu partai. Jika suatu media dapat membahas secara rinci mengenai suatu partai, seperti asal-usul berdirinya partai, visi dan misi nya seperti apa dan bagaimana pelaksanaannya, maka citra partai tersebut di mata publik pun akan meningkat.

Oleh sebab itu, partai Gerindra dipilih sebagai sebuah partai baru yang belum lama berdiri untuk dibahas dan diteliti lebih dalam lagi walaupun partai Gerindra belum mempunyai pengalaman yang banyak daripada partai-partai besar lainnya, seperti partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, Demokrat, dll. Tapi dengan media elektronik, khususnya televisi, maka partai Gerindra dapat dikenal oleh masyarakat luas bahkan sudah mulai membentuk image nya sendiri. Suatu media memang sangat penting dan berpengaruh di masyarakat. Semakin banyak dan sering penampilannya di media, maka semakin berpengaruh juga tingkat kepekaan masyarakatnya, misalnya karena seringnya partai Gerindra muncul di media, maka penulis pun menjadi tahu dan bahkan ingin tahu lebih dalam lagi akan partai tersebut.

Partai Gerindra baru berdiri sejak tahun 2008 dengan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum dari partai tersebut. Partai Gerindra ini dilambangkan dengan burung Garuda, yang artinya sebagai suatu kesatuan dari masyarakat Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Bukan hanya burung Garuda yang ditampilkan oleh partai Gerindra tapi di dalam media yang digunakan, televisi, Gerindra juga menampilkan gambar seorang petani, nelayan, guru, dan juga anak-anak sekolah. Semua gambar-gambar tersebut mempunyai arti yaitu bahwa partai Gerindra juga sangat peduli terhadap seluruh masyarakat, sekalipun mereka tinggal di daerah pedalaman atau berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Berdasarkan pengamatan, partai Gerindra sangat menarik untuk dibahas dan diteliti, bukan karena partai tersebut merupakan partai baru tetapi juga karena kampanye-kampanye dan visi-misi yang dimilikinya lah dapat berdampak bagi semua orang untuk ikut serta dalam partai tersebut. Partai Gerindra memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menarik banyak massa, seperti kepeduliannya terhadap para petani, nelayan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Selain itu, partai Gerindra juga mengandalkan media elektronik maupun media cetak dalam terus meningkatkan citra nya dimata masyarkat luas, karena hanya dengan menggunakan media lah maka pesan penting yang ingin disampaikan oleh suatu pihak / kelompok dapat langsung mengenai target sasarannya.

1.2 Rumusan Masalah

“Bagaimana peran media dalam membentuk opini masyarakat terhadap partai politik?”

1.3 Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui peran media dalam membentuk opini masyarakat terhadap partai politik.

1.4 Manfaat Penelitian

· Untuk membantu ilmu komunikasi dalam penelitian ini guna memberikan informasi mengenai peran media dalam membentuk opini masyarakat terhadap partai politik.

· Dapat memberi masukan bagi peneliti lain mengenai peran media dalam membentuk opini masyarakat terhadap partai politik.

· Agar masyarakat mempunyai kesadaran terhadap peran media dalam membentuk opini masyarakat terhadap partai politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar